PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Rahmat, Arifin (2015) PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Farid Sultani 07504241013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Rahmat Arifin NIM. 10505244021 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) persepsi guru terhadap pelaksanaan kompetensi inti Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (4) persepsi guru terhadap pelaksanaan teknik penilaian Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (5) persepsi guru terhadap kendala-kendala dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan responden berjumlah 19 guru kelompok mata pelajaran program produktif bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas logis dan validitas empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta berada dalam kategori terlaksana sangat baik (94.74%); (2) persepsi guru terhadap pelaksanaan kompetensi inti Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta berada dalam kategori terlaksana sangat baik (68.42%); (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta berada dalam kategori terlaksana sangat baik (78.95%); (4) persepsi guru terhadap pelaksanaan teknik penilaian Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta berada dalam kategori terlaksana baik (84.21%); (5) persepsi guru terhadap kendala-kendala dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Yogyakarta yaitu kurangnya sosialisasi Kurikulum 2013 terhadap guru, belum adanya buku pegangan guru dalam proses pembelajaran, dan minimnya peralatan praktik untuk siswa. Kata kunci: implementasi Kurikulum 2013 dan persepsi guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2015 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28052

Actions (login required)

View Item View Item