HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PROSOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Ayu Setyawati M., Ayu (2015) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU PROSOSIAL DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS (PSYCHOLOGICAL WELL-BEING) PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Ayu Setyawati Mintarsih_11104244055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku prososial dengan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 154 siswa, dengan sampel 110 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling.Data diperoleh dengan menggunakan skala perilaku prososial dan skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being).Uji validitas menggunakan expert jugdement dan uji coba instrumen dengan penentuan gugur atau tidaknya item dengan rumus Product Moment dari Pearson’s.Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan program SPSS for Windowsrelease21.0 diperoleh koefisien reliabilitas skala perilaku prososial sebesar 0,742 dan skala kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebesar 0,921. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson’s dengan program SPSS for Windowsrelease21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta memiliki tingkat perilaku prososial pada kategori tinggi sebanyak 68 siswa (62%) dan tingkat kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada kategori tinggi sebanyak 79 siswa (72%). Ada hubungan positif dan signifikan antara perilaku prososial dengan kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,660.Semakin tinggi perilaku prososial pada siswa, maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis (psychological well-being) pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan sebaliknya. Berdasarkan nilai koefisien korelasi dapat diketahui nilai koefisien determinasi (R square= (0,660)2) yaitu 0,436. Diartikan bahwa variabel perilaku prososial memberikan kontribusi pada kesejahteraan psikologis (psychological well-being) sebesar 43,6% sedangkan 56,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci: perilaku prososial, kesejahteraan psikologis (psychological well-

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28043

Actions (login required)

View Item View Item