PROBLEMATIKA DAN STRATEGI COPING MAHASISWA BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Syahdat Arsal Gumilang, Syahdat (2015) PROBLEMATIKA DAN STRATEGI COPING MAHASISWA BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Problematika dan strategi coping mahasiswa bidikimisi merupakan permasalahan dan usaha pemecahan yang diusahakan individu dalam menjalani kesehariaannya, dalam penelitian ini khususnya mahasiswa bidikmisi FIP UNY. Bidikmisi adalah beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa yang benar-benar miskin tetapi memiliki kemampuan akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problem apa saja yang dialami mahasiswa bidikmisi selama menghadapi studi dan kehidupannya selama masa studi, juga untuk mengidentifikasi sejauh apa strategi coping yang mereka lakukan. Penelitian ini ditujukan bagi peneliti, mahasiswa bidikmisi, kaprodi bimbingan konseling, dan wakil dekan III bagian kemahasiswaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang berjumlah 80 mahasiswa 3 angkatan dan 8 jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung mengunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem yang dialami mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan terdapat 58.75% mahasiswa bidikmisi, sedangkan mahasiswa yang termasuk dalam kategori sedang sebanyak 41.25% mahasiswa, dan tidak ada mahasiswa yang termasuk dalam kategori rendah. Data lain menunjukkan bahwa coping yang diterapkan oleh mahasiswa bidikmisi adalah sebagai berikut 42.5% mahasiswa bidikmisi FIP UNY memiliki tingkat coping problem sedang, 57.5% mahasiswa bidikmisi FIP UNY memiliki tingkat coping problem tinggi. Dengan demikian tingkat coping problem mahasiswa bidikmisi FIP UNY tidak terdapat coping problem yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan mahasiswa bidikmisi FIP UNY, rata-rata memiliki coping problem sedang. Kata kunci: problem, strategi coping, mahasiswa bidikmisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28041

Actions (login required)

View Item View Item