FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU

Fajar, Adi Nugroho (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fajar Adi 06501241007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh: Fajar Adi Nugroho NIM. 06501241007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh antara Konsep diri terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu (2) Mengetahui pengaruh Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. (3) Mengetahui pengaruh Konsep diri dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan menggunakan variabel Konsep diri (X1), Kemandirian Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Konsep diri terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% thitung lebih besar dari ttabel (3,570 > 1,664). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% jadi thitung lebih besar dari ttabel (3,245 > 1,664). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Konsep diri dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% Fhitung lebih besar dari Ftabel (8,573 > 3,13). Kata Kunci : konsep diri, kemandirian belajar, prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28040

Actions (login required)

View Item View Item