KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA DI SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2014/2015

Arifa Nisrina Ayuni, Arifa (2015) KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA DI SMA NEGERI 1 PAKEM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Arifa Nisrina Ayuni_11104244037.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Arifa Nisrina Ayuni_11104244037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan karir siswa kelas XI yang ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua dan keadaan ekonomi keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto (kausal komparatif). Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa yang ditentukan dengan teknik sampling proportionale stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan karir dan angket tingkat pendidikan orang tua serta angket keadaan ekonomi keluarga. Validasi instrumen dilakukan menggunakan validitas item dengan melakukan uji coba terhadap 32 siswa. Menghasilkan 37 item valid dari 50, karena dianggap penting maka penulis menambahkan 3 item dengan mengubah redaksi pernyataan sehingga terdapat 40 item pada instrumen ini. Sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,832. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji analysis of variance (Anova) berupa Two Way Anova (Anova dua arah) dan untuk melihat gambaran kematangan karir, tingkat pendidikan serta keadaan ekonomi keluarga menggunakan statistik deskriptif yang menunjukkan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kematangan karir siswa kelas XI ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua dan kedaan ekonomi keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015 . Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan Two Way Anova yaitu, hasil pengolahan data menunjukkan nilai signifikan 0,137 yang berarti nilai pvalue< alpha atau sama dengan>0,05 maka gagal terima hipotesis. Pada hasil presentase kematangan karir siswa yang ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua, frekuensi dominan terletak pada siswa dengan kematangan karir sedang berasal dari tingkat pendidikan orang tua yang tinggi dan pada presentase kematangan karir yang ditinjau dari keadaan ekonomi keluarga, frekuensi dominan terletak pada siswa dengan kematangan karir sedang berasal dari keluarga dengan keadaan ekonomi menengah. Kata kunci: kematangan karir, tingkat pendidikan orang tua dan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28037

Actions (login required)

View Item View Item