EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 1 PAKEM

Hagia Ratna Wuri, Hagia (2015) EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HAGIA RATNA WURI - 11104244032 - SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam meningkatkanperilaku asertif anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor rendah sampai sedang pada skala perilaku asertif (X<99) dengan rentang skor 33-132 dan diperoleh 12 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala perilaku asertif dan pedoman observasi yang telah melalui uji validasi dari expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala perilaku asertif diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefesien 0,829 menunjukan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitneymelalui program SPSS statistic 17.0. Hasil penelitian menunjukkanbahwa teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku asertif anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem. Hal ini dilihat dari koefisien signifikansi sebesar 0,008 dan lebih kecil dari 0,05(taraf signifikansi 5%). Pengaruh pemberian treatment tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 83,167 menjadi 97,5. Kata kunci: role playing, perilaku asertif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item