UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIER SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAIT-FACTOR PADA SISWA KELAS X MIA 2 MADRASAH ALLIYAH NEGERI (MAN) 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Rulian Tri Putra, Rulian (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIER SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAIT-FACTOR PADA SISWA KELAS X MIA 2 MADRASAH ALLIYAH NEGERI (MAN) 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Rulian Tri Putra_11104241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam konseling kelompok trait-factor sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini berbasis penelitian tindakan (action reseach) dengan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu enam siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta yang memiliki kemampuan pemilihan karier kategori sedang berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu skala kemampuan pemilihan karier, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Uji validitas instrumen skala kemampuan pemilihan karier menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien 0,843. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan trait-factor dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta. Konseling kelompok dengan pendekatan trait-factor dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami potensi dan minat karier, memahami informasi-informasi karier yang relevan, serta kemampuan membangun suatu perencanaan karier. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan signifikan skor rata-rata pre-test 72,5, post-test siklus I 88,5, dan post-test siklus II 95. Peningkatan yang diperoleh juga diperkuat dari hasil observasi dan wawancara. Kata kunci: kemampuan pemilihan karier, konseling kelompok, trait-factor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item