Keefektifan Metode Role Playing untuk Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Martayadi, Uwi (2015) Keefektifan Metode Role Playing untuk Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-uwi-martayadi-13705251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan metode role playing untuk penanaman nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; 2) keefektifan metode konvensional untuk penanaman nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; dan 3) pembelajaran yang lebih efektif antara kedua metode tersebut. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Kota Yogyakarta (kelas eksperimen) dan 30 peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Kota Yogyakarta (kelas kontrol) sehingga keseluruhan subjek berjumlah 62 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan tes. Uji validitas dengan expert judgemen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis deskriptif kategori penanaman nilai-nilai Pancasila peserta didik pada kelas kontrol sebelum perlakuan adalah sebagai berikut: kategori sangat tinggi 0%, tinggi 30%, rendah 43,3%, dan sangat rendah 26.7%. Setelah diberikan treatment kategorinya meningkat menjadi sangat tinggi 6,7%. , tinggi 73,3%, rendah 20%, dan sangat rendah 0%.Sedangkan penanaman nilai-nilai Pancasila peserta didik pada kelas eksperimen sebelum perlakuan adalah sebagai berikut: kategori sangat tinggi 0%, tinggi 53,3%, rendah 50,0%, dan sangat rendah 3,3%. Setelah diberikan treatment kategorinya meningkat menjadi sangat tinggi 73,3%. , tinggi 33,3%, rendah 0%, dan sangat rendah 0%. Hasil analisis data dengan uji MANOVA menunjukkan bahwa: 1) Metode role playing efektif untuk penanaman nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan melihat kelompok eksperimen sebelum percobaan, nilai T untuk prestasi 2.731 sig 0.005, nilai-nilai Pancasila T 6.069 sig 0.000, 2) Metode konvensional efektif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasilal, nilai prestasi T 0.045 sig 0.482, nilai-nilai Pancasila T 4.12 sig 0.000; 3) Metode role playing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional untuk penanaman nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan setelah melakukan pengujian dengan value 1.020, F 30.089, dan sig 0.000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: role playing, penanaman nilai-nilai Pancasila
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:17
Last Modified: 09 May 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28033

Actions (login required)

View Item View Item