Efektivitas Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning dan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kalasan, Yogyakarta

Setyowati, Rini (2015) Efektivitas Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning dan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kalasan, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-setyowati-13705251045.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pendekatan scientific dengan model problem based learning dan model problem solving dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Kalasan, Yogyakarta. Kelas VIIIB dan VIIIA diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi sikap, penilaian diri, penilaian antar peserta didik, tes, unjuk kerja, dan rubrik penilaian produk. Validitas instrumen diukur dengan analisis faktor dan reliabilitas instrumen dengan Cronbach’s Aplha. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik anava mixed design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi sikap dalam pembelajaran IPS dengan nilai F = 6,439, taraf signifikansi 0,014 < 0,05, 2) pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan dalam pembelajaran IPS dengan nilai F = 2,086, taraf signifikansi 0,000 < 0,05, 3) pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada model problem solving dalam meningkatkan kompetensi keterampilan, dengan nilai F = 7,948, taraf signifikansi 0,007 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan scientific dengan model problem based learning lebih efektif daripada pendekatan scientific dengan model problem solving dalam meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pendekatan scientific dengan model problem based learning, pendekatan scientific dengan model problem solving, kompetensi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2015 01:17
Last Modified: 09 May 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item