Ratu, Tursina (2015) Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Physics HOTS) Pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-tursina-ratu-13708251101.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi fisika (Physics HOTS) pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB; (2) mengetahui perbedaan Physics HOTS pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB berdasarkan jenjang pendidikan seorang pendidik; dan (3) mengetahui perbedaan Physics HOTS pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB pada ranah menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda beralasan guna mengukur Physics HOTS pendidik di SMAN se Kota Bima NTB secara mendalam, konsisten, dan komprehensif. Instrumen ini dinyatakan valid secara isi dan secara empiris dengan mengikuti model Rasch berbantuan program winstep 3.37. Tes terdiri dari 32 butir dengan Outfit MNSQ rata-rata 0,94 ± 0,42, Outfit ZSTD -0,1 ± 1,1, yang mengacu pada kriteria terendah 0,5 < MNSQ < 1,5 dan -2,0 < ZSTD > +2,0 sedangkan nilai reliabilitas tes sebesar 0,92. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan skala interval yang digolongkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah, dan selanjutnya disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai Physics HOTS pendidik mencapai skor 74 atau mencapai persentase 52,85% yang menunjukkan bahwa keterampilan rata-rata pendidik di SMAN se Kota Bima NTB termasuk dalam kategori rendah. Persentase pendidik yang memiliki Physics HOTS dalam kategori tinggi sebanyak 21,05%, kategori sedang sebanyak 15,79%, dan kategori rendah sebanyak 63,16%; (2) Jika dilihat dari jenjang pendidikan, maka Physics HOTS ranah menganalisis (C4) adalah sebesar 54% untuk S1 dan 78% untuk S2. Ranah mengevaluasi (C5) sebesar 46% untuk S1 dan 75% untuk S2. Ranah mencipta (C6) untuk S1 sebesar 38% serta 59% untuk S2; dan (3) Ditinjau dari urutan domain kognitif taksonomi Bloom, Physics HOTS ranah C4 sebesar 52%, ranah C5 sebesar 26%, dan ranah C6 sebesar 23%, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Physics HOTS pendidik pada ranah menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir tingkat tinggi, fisika, pendidik |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 01:17 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28031 |
Actions (login required)
View Item |