Efektivitas Penggunaan Media Sosial Facebook melalui Gadget dalam Rangka Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn

Wulandari, Dewi (2015) Efektivitas Penggunaan Media Sosial Facebook melalui Gadget dalam Rangka Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10401244016.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media sosial yang dapat dimanfaatkan bagi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial facebook melalui gadget dalam rangka peningkatan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri Yogyakarta 1.    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Yogyakarta 1 kelas 7 sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 152 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling yaitu diperoleh kelas 7a sebagai kelompok eksperimen 30 siswa dan kelas 7c sebagai kelompok kontrol 30 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes objektif, rubric dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil uji t memperoleh nilai bahwa t hitung sebesar 2,469> 2,44 (t tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,043< 0,05, maka Ho ditolak, berarti penggunaan media sosial facebook melalui gadget efektif dalam rangka peningkatan partisipasi siswa pada mata pelajaran PPKn. Kedua, hasil uji t memperoleh nilai bahwa t hitung sebesar 5,211> 2,04 (t tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, berarti penggunaan media sosial facebook melalui gadget efektif dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MTs Negeri Yogyakarta 1. Besarnya efektivitas dapat juga dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,5 (sedang) dan di kelas kontrol 0,3 (rendah).     Kata Kunci : media sosial facebook, partisipasi aktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 06 Nov 2015 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 05:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27994

Actions (login required)

View Item View Item