PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN SEPEDA MOTOR DI SMK KABUPATEN CILACAP

Andre, Prasetya (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN SEPEDA MOTOR DI SMK KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEVELOPING_LEARNING_OF_CONTINUOUS_VARIABLE_TRANSMISSION_BASED_ON_COMPUTER_MOTORCYCLE_SUBJECT_AT_VOCATIONAL_HIGH_SCHOOL_IN_CILACAP_REGENCY.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi media, proses pengembangan, tingkat validitas dan kelayakan serta pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Continuous Variable Transmission Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Sepeda Motor terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan prosedural dan mengacu pada pengembangan Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Uji coba lapangan dilakukan 3 kali, yaitu di SMK Dr Soetomo, SMK Budi Oetomo dan SMK N 2 Cilacap yang masing masing berjumlah 36 siswa. Pada tahap pengujian efektivitas produk menggunakan penelitian quasi eksperimental yang menguji dampak media pembelajaran terhadap minat belajar dengan desain penelitian non equivalent control group desain. Sampel pada tahap implementasi diambil dengan teknik purpose sampling. Jumlah sampel sebanyak 72 siswa SMK Dr Soetomo yang tebagi dalam dua kelas yaitu kelas XI TKR II sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR I sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan empat skala likert. Uji validitas intrumen minat belajar menggunakan expert judgement dan product moment. Reliabilitas instrument minat belajar diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif, dan uji t (t test). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran CVT yang terdapat di SMK Dr Soetomo dinyatakan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 86.96 % pada aspek media. Berdasarkan aspek materi, media pembelajaran CVT dinyatakan tidak layak, dengan tingkat kelayakan sebesar 14.28 %. Pengembangan media pembelajaran CVT ini menggunakan program Macromedia Flash. Berdasarkan analisis data keseluruhan dari tiga uji coba lapangan, media pembelajaran CVT dinyatakan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 87.05 % pada aspek media. Berdasarkan aspek materi media pembelajaran CVT dinyatakan layak dengan tingkat kelayakan sebesar 58.33 %. Pada tahap pengujian efektifitas produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Minat belajar siswa kelas eksperimen yang diberi pembelajaran menggunakan Media Pembelajaran Continuous Variable Transmission Berbasis Komputer lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar siswa kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji t, harga t hitung lebih besar dari harga t tabel 5% (2.1028>1.9996).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 02 Oct 2012 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item