Santofani, Aprilia (2015) Pengembangan Tes Kreativitas pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Inkuiri pada Materi Teori Kinetik Gas. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-aprilia-santofani-13708251043.swf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik instrumen penilaian tes kreativitas pada pembelajaraan fisika dengan pendekatan inkuiri menurut kriteria instrumen yang baik, serta (2) mengetahui kemampuan tes dalam mengukur berpikir kreatif peserta didik pada proses pembelajaran dengan pendekatan inkuiri Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan prosedural, yang mengikuti beberapa tahapan sehingga menghasilkan instrumen penilaian untuk peserta didik SMA. Tahapan-tahapan tersebut antara lain: (1) melakukan pengumpulan informasi, (2) melakukan perancangan, (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) melakukan uji terbatas, (5) melakukan revisi, (6) melakukan uji coba luas, dan (7) melakukan revisi. Instrumen evaluasi yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli evaluasi kemudian dinilai oleh guru fisika, ahli materi dan ahli evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sewon. Uji coba terbatas dilakukan kepada 31 orang peserta didik dan uji coba luas dilakukan kepada 123 orang. Uji coba pemakaian instrumen tes dilakukan kepada 2 kelas yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar observasi pembelajaran, dan soal tes kreativitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut: (1) Produk berupa tes kreativitas dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas berbentuk uraian bebas yang dikembangkan sudah layak sesuai dengan validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran. Penilaian instrumen tes kreativitas dari aspek isi, konstruk, dan teknis berada dalam kategori sangat baik, serta (2) Proses pembelajaran dengan pendekatan inkuiri memberikan pengaruh terhadap kreativitas peserta didik yang diinterpretasikan dari hasil analisis effect size sebesar 0,202 dengan kategori efek sedang. Uji coba penggunaan instrumen tes ini menunjukan peningkatan kreativitas peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan inkuiri.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, tes kreativitas, uraian bebas, pendekatan inkuiri |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Nov 2015 01:17 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27973 |
Actions (login required)
View Item |