PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KERJA BANGKU DI SMK N 1 SEYEGAN

Deni Agus, Riyanto (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KERJA BANGKU DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_EFFECTS_OF_CONTEXTUAL_TEACHING_LEARNING_(CTL)_ON_THE_BENCH_WORK_LEARNING_ACHIEVEMENT_AT_SMKN_1_SEYEGAN.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi hasil belajar pada pembelajaran kerja bangku dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan pembelajaran CTL di SMK N 1 Seyegan, (2) mengetahui perbedaan prestasi hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan pembelajaran CTL pada pembelajaran kerja bangku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMK N 1 Seyegan dengan melibatkan 2 kelas. Kelas TFL 1 sebagai kelas eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan pembelajaran CTL dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas TFL 2 sebagai kelas kontrol tetap menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajarnya. Pengumpulan data diperoleh dari pretest dan postest, instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi keaktifan siswa yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan diuji reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji T untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan prestasi belajar siswa . Hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional memperoleh hasil kurang memuaskan. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 75,2. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CTL memperoleh hasil lebih baik. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 81. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 86. Nilai tengah dari data tersebut adalah pada nilai 83. Nilai tertinggi 94, sedangkan nilai terendahnya 60. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test menunjukkan bahwa ttabel < thitung (1,67 < 4,64). Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa hasil belajar menggunakan model CTL lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item