Pengembangan Blog Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VIII Materi Sifat dan Bentuk Interksi Sosial

Aesya, Anyri (2015) Pengembangan Blog Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VIII Materi Sifat dan Bentuk Interksi Sosial. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241020.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan blog sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII materi sifat dan bentuk interaksi sosial budaya; 2) menguji kelayakan blog sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII materi sifat dan bentuk interaksi sosial budaya berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli media, ahli materi, dan guru IPS serta angket tanggapan siswa. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan blog (Sosblog). Blog (Sosblog) dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan uji pemakaian media oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penelitian ini menghasilkan produk blog bernama Sosblog dengan materi sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dengan beberapa tahap, yaitu tahap pengumpulan data, desain produk, pengembangan, validasi, dan uji coba penggunaan sumber belajar. 2) blog (Sosblog) layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Sangat Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil validasi ahli materi dengan skor 4,42 atau kategori Sangat Baik; validasi ahli media dengan skor 4,48 atau kategori Sangat Baik; validasi oleh Guru IPS dengan skor 4,18 atau kategori Baik; dan tanggapan siswa pada uji coba lapangan dengan 4,22 atau kategori Sangat Baik. Kata kunci: blog, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 Nov 2015 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item