TANGGUNG JAWAB SEORANG SISWA SD YANG TERINDIKASI BERKEPRIBADIAN INTROVERT

Nursukawati, Ery (2015) TANGGUNG JAWAB SEORANG SISWA SD YANG TERINDIKASI BERKEPRIBADIAN INTROVERT. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ery Nursukawati_11108244086.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab yang kurang membuat keberadaannya sulit diterima oleh lingkungan sekitar, sehingga hubungannya dengan individu lain menjadi kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyebab kurangnya tanggung jawab seorang siswa SD yang terindikasi berkepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Penelitian dilaksanakan di rumah orang tua subjek, halaman masjid Baledowi, dan SD Negeri Bedug. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas IV yang terindikasi berkepribadian introvert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dibantu dengan panduan observasi, wawancara, dan lembar catatan lapangan. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji dependabilitas dan uji kredibilitas. Uji dependabilitas dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi, sedangkan uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya tanggung jawab subjek penelitian dikarenakan oleh lima sebab. Pertama, anggota keluarga kurang memberikan keteladanan dalam melaksanakan sholat lima waktu. Kedua, orang tua dan guru kurang membiasakan untuk meminta maaf kepada orang lain dan membiarkan subjek penelitian terlambat bahkan tidak mengumpulkan tugas. Ketiga, orang tua dan guru kurang memberikan aturan yang jelas dalam berbicara santun dan pelaksanaan kegiatan TPQ. Keempat, orang tua dan guru kurang memberikan pengertian secara langsung ketika tidak meminta maaf kepada orang lain. Kelima, orang tua dan belum membuat aturan tata tertib di rumah, menata ruangan untuk belajar, dan menempelkan tata tertib beserta sanksi bagi yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Kata kunci: tanggung jawab, kepribadian introvert

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2015 07:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27956

Actions (login required)

View Item View Item