PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA

Setiadi, Arief (2015) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Arief Setiadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri se-kecamatan Tegalrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subyek penelitian ini adalah para guru sekolah dasar negeri se-Kecamatan Tegalrejo dengan jumlah populasi sebanyak 135 guru dan diambil sampel sebanyak 100 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuisioner tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan kinerja guru dalam pembelajaran. Validitas instrumen diuji dengan melakukan uji empirik menggunakan rumus Product Moment Karl Pearson. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Tegalrejo. Dibuktikan dengan harga Fhitung= 26,621 > Ftabel= 3,940 dan R2= 0,214. Dengan demikian pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh sebesar 21,4% terhadap kinerja guru dalam pembelajaran. Kata kunci: supervisi kepala sekolah, kinerja guru dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27953

Actions (login required)

View Item View Item