UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI KASONGAN YOGYAKARTA

Kurniasari, Aprilia (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV A SD NEGERI KASONGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aprilia Kurniasari_11108241155.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran aktif teknik kelompok belajar dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini siswa kelas IV A SD Negeri Kasongan Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan penerapan teknik kelompok belajar pada pembelajaran matematika dan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis matematika siswa menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kelompok belajar. Peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa diperoleh dari penilaian kognitif yang dilakukan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis pretes sampai akhir siklus II persentase rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa terus meningkat, yaitu dari pretes ke siklus I sebanyak 7.25% dari 60.38% menjadi 67.63% dan pada siklus I ke siklus II sebanyak 11.62% dari 67.63% menjadi 79.25%. Persentase kemampuan berfikir kritis siswa menunjukkan peningkatan menjadi kategori tinggi sebesar 79.25% dan persentase ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa telah mencapai 85% dari 20 siswa yang memenuhi KKM. Sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan strategi tersebut berhasil. Kata Kunci: strategi pembelajaran aktif, teknik kelompok belajar, kemampuan berfikir kritis matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Nov 2015 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27950

Actions (login required)

View Item View Item