TIPE LUKISAN ANAK – ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Sari, Dhian Kartika (2012) TIPE LUKISAN ANAK – ANAK KELOMPOK B2 TK ABA PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dhian Kartika Sari 08206241026.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lukisan karya anak – anak TK ABA Purbayan Kotagede Yogyakarta. Difokuskan pada tipe lukisan anak – anak kelompok B2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis. Subjek penelitian ini adalah 21 anak dengan objeknya adalah lukisan karya 21 anak kelompok B2 TK ABA Purbayan Kotagede Yogyakarta. Data dianalisis secara deskriptif analitis dengan mendeskripsikan dan membahas tipe dalam lukisan anak – anak kelompok B2 TK ABA Purbayan Kotagede Yogyakarta, dan diklasifikasi oleh 3 pakar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penilaian menggunakan verivikasi data dengan tiga pakar dan analisis melalui tahapan reduksi data, pembahasan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tipe lukisan anak bertipe haptic, lukisan yang bertipe haptic ditandai dengan penggunaan warna-warna sebagai ekspresi jiwanya dan ada kecenderungan lukisan yang dibuat tidak didasarkan bagaimana kelihatannya suatu objek atau benda tetapi lebih didasarkan pada ungkapan perasaannya yang bersifat spontan dan individual, diperoleh 13 anak bertipe haptic dan 8 anak bertipe non haptic. Dari lukisan haptic objek lukisan anak yang terbanyak melukiskan tentang “lingkungan alam”ada 9 anak, “transportasi” ada 4 anak, “rekreasi” ada 4 anak, ”tempat tinggal” ada 2 anak, “belajar” ada 1 anak dan “senjata” ada 1 anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lukisan anak-anak, tipe
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 04 Nov 2015 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item