Penanaman dan Aktualisasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat

Sari, Yunita (2015) Penanaman dan Aktualisasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11406244001.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi latak geografis dari sekolah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan pengaruh globalisasi yang dapat menyebabkan terkikisnya rasa nasionalisme di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui (1)bagaimana peran guru sejarah dalam menanamkan nilai nasionalisme kepada peserta didik, (2)hambatan apa saja yang di alami guru serta bagaimana upaya yang di lakukan untuk mengatasi kendala yang di alami, dan (3)bagaimana peserta didik mengaktualkan nilai-nilai nasionalisme yang dimiliki di lingkungan sekolah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dan naturalistik, dalam penelitian ini akan dikaji mengenai hal-hal yang terjadi selama berlangsungnya proses penelitian tanpa mengurangi dan menambahkan hasil yang didapatkan. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru sejarah, dan peserta didik, serta di lengkapi dengan dokumen yang tersedia. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik observasi selama proses pembelajaran berlangsung dan segala kegiatan di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan narasumber secara langsung dan melakukan pencatatan informasi-informasi yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Peran guru sejarah dalam menanamkan nilai nasionalisme kepada peserta didik melalui pembelajaran sejarah cukup baik dengan menggunakan metode diskusi dan mengundang TNI untuk memberikan pembelajaran khusus kebangsaan . (2) Hambatan yang di alami guru antara lain, kurang nya fasilitas pendukung pembelajaran, peserta didik yang kurang aktif, maka dari itu guru melakukan kerja sama dengan TNI LIT-BAS dan ikut aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler sebagai salah satu upaya untuk menanamkan nilai nasionalisme kepada peserta didik. (3) Aktualisasi nilai nasionalisme peserta didik sudah cukup baik, dalam pembelajaran maupun di lingkungan sekolah, walaupun dalam proses pembelajaran belum maksimal. Kata kunci: nilai nasionalisme, Pembelajaran Sejarah, Peran guru, aktualisasi nasionalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27912

Actions (login required)

View Item View Item