PENERAPAN MODEL OUTDOOR ACTIVITIES EDUCATION (O.A.E) UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X 2 SMA NEGERI 1 SOKARAJA, BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014-2015

LARASATI, WANDHA ARDINA (2015) PENERAPAN MODEL OUTDOOR ACTIVITIES EDUCATION (O.A.E) UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X 2 SMA NEGERI 1 SOKARAJA, BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014-2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11406244027.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena minat belajar sejarah siswa kelas X.2 SMA N 1 Sokaraja belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Sokaraja selama ini, (2) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Outdoor Activities Education (O.A.E) untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sokaraja, dan (3) untuk mengetahui kelebihan dan kendala dari penerapan model pembelajaran Outdoor Activities Education (O.A.E) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sokaraja Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Outdoor Activities Education (O.A.E) mampu meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sokaraja. Peningkatan minat pada siklus I sebesar 19% terjadi dari 60% menjadi 79%. Peningkatan minat pada siklus II sebesar 4,6% terjadi dari 79% menjadi 83,6%. Kelebihan dari penerapan model pembelajaran Outdoor Activities Education (O.A.E) antara lain minat belajar siswa meningkat karena dilakukan di luar kelas, tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan santai serta meningkatkan daya ingat siswa. Kekurangan yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Outdoor Activities Education (O.A.E) antara lain kurang kondusif pada saat pembelajaran di luar kelas karena banyaknya siswa kelas X.2 sehingga guru harus lebih extra pengarahan. Kata kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran, Outdoor Activities Education (O.A.E).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item