PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENURUT KURIKULUM 2013 DI SMP SE-KOTA YOGYAKARTA

Astuti, Eka Novi (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENURUT KURIKULUM 2013 DI SMP SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11401244015.swf - Published Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam pengembangan bahan ajar menurut kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Kedua, untuk mendeskripsikan kendala guru PPKn dalam pengembangan bahan ajar menurut kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Ketiga, untuk mendeskripsikan upaya guru PPKn mengatasi kendala pengembangan bahan ajar menurut kurikulum 2013 di SMP se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposif. Kriteria subjek penelitian adalah guru PPKn yang mengajar menggunakan kurikulum 2013 di SMP se Kota Yogyakarta dan subjek penelitian terdiri dari empat guru PPKn. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksan keabsahan data menggunakan cross check. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, para guru sudah mampu menjalankan perannnya yaitu mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa modul, ringkasan dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kedua, kendala dalam pengembangan bahan ajar yaitu kesiapan dalam menentukan materi apakah layak atau tidak untuk diberikan kepada peserta didik, terbatasnya referensi dan kendala dalam menentukan materi pembelajaran apakah relevan/ada keterkaitan/ada hubungannya dengan pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar atau tidak. Kendala tersebut terjadi karena pelatihan mengenai penyusunan bahan ajar masih sedikit sehingga guru mengalami kesulitan dalam pengembangan bahan ajar. Ketiga, upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara mengambil materi dari berbagai sumber yang relevan untuk dijadikan bahan ajar, mengikuti pelatihan atau diklat tentang pengembangan bahan ajar dan para guru melibatkan diri dalam MGMP PPKn. Kata kunci: bahan ajar, guru PPKn, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item View Item