Kemampuan Matematika Siswa SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS dan PISA

Wulandari, Nidya ferry (2015) Kemampuan Matematika Siswa SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS dan PISA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nidya-ferry-wulandari-13709251072 .swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika siswa kelas VIII, siswa SMP dan SMA usia 15 tahun di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS dan PISA. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP dan siswa berusia 15 tahun di SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan gabungan stratified random sampling (teknik sampling strata) dan cluster random sampling (teknik sampling kelompok). Sampel penelitian ini adalah beberapa siswa kelas VIII SMP dan siswa berusia 15 tahun di SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri atas sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai Ujian Nasional matematika. Banyak sampel adalah 400 orang siswa kelas VIII SMP untuk soal model TIMSS dan 400 orang siswa usia 15 tahun yang terdiri dari siswa kelas IX SMP dan X SMA untuk soal model PISA. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen soal model TIMSS sebanyak 45 butir soal ( ) dan soal model PISA sebanyak 30 butir soal ( ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum dan minimum, dan persentase menjawab benar serta statistik uji t ( ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa SMP kelas VIII di DIY dalam menyelesaikan soal model TIMSS lebih tinggi dari siswa Indonesia dalam TIMSS 2011, meskipun masih tergolong kategori rendah. Kemampuan siswa di DIY dalam menyelesaikan soal model TIMSS setara dengan rata-rata internasional dalam TIMSS 2011. Kemampuan menyelesaikan soal model TIMSS untuk domain konten bilangan termasuk kategori sedang, sedangkan untuk domain aljabar, geometri, data dan peluang termasuk kategori rendah. Kemampuan menyelesaikan soal model TIMSS untuk domain kognitif pengetahuan termasuk kategori sedang dan untuk domain penerapan dan penalaran termasuk kategori rendah. Kemampuan matematika siswa usia 15 tahun di SMP dan SMA di DIY dalam menyelesaikan soal model PISA termasuk kategori rendah, akan tetapi lebih tinggi dari siswa Indonesia dalam PISA 2012. Kemampuan menyelesaikan soal model PISA untuk domain proses menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika termasuk kategori sedang, untuk domain proses memformulasikan situasi matematika termasuk kategori rendah, dan untuk domain proses menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika termasuk kategori sangat rendah. Kemampuan menyelesaikan soal model PISA level 1 termasuk kategori tinggi, soal level 2 termasuk kategori sedang, soal level 3 termasuk kategori rendah, dan untuk soal level 4, 5, dan 6 termasuk kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan matematika, soal model TIMSS, soal model PIS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Nov 2015 00:58
Last Modified: 09 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item View Item