PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DAN FABEL BERBASIS MODEL SINEKTIK UNTUK SISWA SMP

Pratiwi, Diah (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DAN FABEL BERBASIS MODEL SINEKTIK UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11201241030_DYAH PRATIWI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran apresiasi cerpen dan fabel di SMP; (2) mendeskripsikan penggunaan dan pemanfaatan buku teks pelajaran dalam pembelajaran cerpen dan fabel di SMP; (3) mengembangkan modul pembelajaran apresiasi cerpen dan fabel berbasis model sinektik untuk siswa SMP. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan desain penelitian Borg & Gall yang telah disederhanakan menjadi tiga langkah yakni (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan pembuatan produk, dan (3) pengembangan produk. Tahap pengumpulan informasi dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, dan telaah buku teks pelajaran. Pada tahap pengembangan meliputi tahap penyusunan, uji validasi, penilaian siswa, dan penyempurnaan produk. Uji validasi dilakukan oleh satu ahli materi dan tiga orang guru bahasa Indonesia. Penilaian siswa dilakukan oleh tiga puluh orang siswa kelas VIII. Data hasil validasi dan penilaian siswa yang diperoleh adalah berasal dari angket penilaian dengan skala Likert. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pembelajaran apresiasi cerpen dan fabel sudah berjalan dengan baik meskipun belum maksimal. Pembelajaran apresiasi cerpen dan fabel sampai pada tahap merasakan, membayangkan, memikirkan, dan mencipta. Kedua, buku teks pelajaran menjadi sumber belajar utama dalam kegiatan pembelajaran apresiasi cerpen dan fabel. Hasil telaah menunjukkan bahwa masih terdapat kelemahan di dalam buku teks pelajaran yakni belum adanya petunjuk penggunaan buku, tidak ada rangkuman, materi kurang mendalam, penyajian buku kurang mendorong kreativitas dan imajinasi siswa. Ketiga, modul yang dikembangkan terdiri dari tiga bagian yakni uraian materi, latihan, dan evaluasi. Penyajian modul didasarkan pada penggunaan analogi dalam model sinektik. Hasil uji validasi ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan penilaian siswa, didapatkan rata-rata dari aspek isi, penyajian materi, bahasa, dan kegrafikan adalah 4,10 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 82%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 05 Nov 2015 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item View Item