Koordinasi Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Penataan Reklame

AL FURQON, BAID (2015) Koordinasi Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Penataan Reklame. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 09417144020.swf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) dan Dinas Ketertiban Kota Yogyakarta dalam penataan reklame di Kota Yogyakarta, serta untuk mengetahui mekanisme koordinasi dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam melakukan koordinasi penataan reklame di Kota Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah : Kepala Seksi Pendaftaran dan Pendataan Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan, Staff bagian Seksi Pendaftaran dan Pendataan, Kepala Seksi Pengkajian dan Pengelolaan Peraturan Perundang-undangan Dinas Ketertiban, dan Kepala Seksi Penyidikan Dinas Ketertiban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen, maka melakukan validasi dengan cara memahami metode penelitian yang akan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model peneliti interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan koordinasi di DPDPK dan Dinas Ketertiban berjenis koordinasi internal vertikal dan eksternal horisontal. Koordinasi internal vertikal dilakukan antara atasan dengan bawahan di lingkup DPDPK dan Dinas Ketertiban. Koordinasi eksternal horisontal dilakukan antar instansi DPDPK dengan Dinas Ketertiban. Mekanisme pencapaian koordinasi yang efektif yang dilakukan dengan baik terdapat pada aturan dan prosedur, tingkat hierarki, rencana dan penetapan tujuan, peranan penghubung, pengintegrasian peranan, peranan penghubung manajerial dan penciptaan tugas-tugas yang berdiri sendiri. Mekanisme koordinasi yang berjalan kurang baik terdapat pada sistem informasi vertikal dan hubungan horisontal yaitu kontak langsung, panitya dan satuan tugas. Hambatan-hambatan yang dialami dalam koordinasi penataan reklame di Kota Yogyakarta adalah kurangnya kedisiplinan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan, kurangnya kontak langsung antar instansi, pelaksanaan rapat koordinasi yang tidak terjadwal. Kata kunci : koordinasi, penataan lokasi, reklame

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:39
Last Modified: 03 Nov 2015 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item