EFEKTIVITAS METODE TEAMWORK TEMATIK TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Shola Fitria, Shola (2015) EFEKTIVITAS METODE TEAMWORK TEMATIK TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shola Fitria_11104244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode teamwork tematik yang dilakukan dalam layanan bimbingan klasikal untuk minat baca siswa kelas XI MIA SMA N 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Metode Teamwork Tematik sebagai variabel independent merupakan metode kerjasama tim dalam seting kelas dengan pemberian tugas berupa membuat kliping bertema. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 sisiwa kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian adalah skala minat baca Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t test melalui program SPSS ver 16.00. Hasil uji t pretest atau sebelum dilakukannya treatment yaitu nilai signifikansi 0,074 berarti lebih besar dari 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Uji t setelah treatment atau posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,002 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05) maka terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah dilakukan treatment pada kelompok eksperimen. Rerata posttest kelompok kontrol adalah 122 dan kelompok eksperimen adalah 131. Oleh karena itu, metode teamwork tematik dalam layanan bimbingan klasikal efektif meningkatkan minat baca siswa. Kata kunci: metode teamwork tematik, minat baca siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:55
Last Modified: 30 Jan 2019 05:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item