PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KMS DAN NON KMS DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

Fitri Sulistyowati, Fitri (2015) PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KMS DAN NON KMS DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
FITRI SULISTYOWATI_08104244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa KMS dan non KMS di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun 2013/2014. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi SMK kelas X, XI SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 366 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 orang siswa KMS dan 100 orang siswa Non KMS. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa KMS dan Non KMS di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun 2013/2014. Hal ini dapat diketahui bahwa t hitung = 2,024 lebih besar dari t(0,05)(20) = 1,64 pada taraf signifikansi 5%, sehingga menyatakan bahwa hipotesis nol ditolak. Siswa Non KMS memiliki kemandirian belajar lebih tinggi daripada siswa KMS ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) siswa Non KMS lebih besar daripada siswa KMS. Hal ini dikarenakan faktor latar belakang ekonomi siswa Non KMS yang lebih mampu menyebabkan adanya dukungan beik berupa finansial, sosial dari lingkungan serta pengawasan dari orang tua sehingga siswa Non KMS lebih baik dalam membentuk sikap berorientasi untuk sukses, berorientasi ke depan, lebih menyukai tantangan dan lebih tangguh dalam mencapai kemandirian belajarnya dibandingkan dengan siswa KMS. Kata kunci: kemandirian belajar, siswa KMS dan Non KMS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item View Item