PENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS X MC DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Anita, Anita (2015) PENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS X MC DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen melalui pelatihan manajemen waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2015 di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan skala kedisiplinan belajar, observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan manajemen waktu dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor skala disiplin belajar rata-rata pra tindakan sebesar 79,27 ; pasca siklus I sebesar 102,70 dan pasca siklus II sebesar 117,42. Hasil tersebut telah diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara terhadap subyek yang menunjukkan disiplin belajar siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan manajemen waktu. Kata kunci: kedisiplinan belajar, pelatihan manajemen waktu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:40
Last Modified: 30 Jan 2019 05:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item