HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Dayu Cahyawati, Dayu (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO)DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dayu Cahyawati_11104244040_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan konsep diri pada siswa kelas XI Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Negeri 1 Seyegan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek 29 siswa kelas XI KKO di SMA Negeri 1 Seyegan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala konsep diri. Validitas isi menggunakan expert judgement dan validitas item menggunakan teknik koefisien korelasi item total melalui uji coba pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0,937 pada skala dukungan sosial dan 0,895 pada skala konsep diri. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan konsep diri dengan nilai korelasi 0,409 dan p 0,028 (P < 0,05); artinya, semakin tinggi tingkat dukungan sosial, semakin tinggi pula tingkat konsep diri siswa dan sebaliknya, semakin rendah tingkat dukungan sosial, semakin rendah pula tingkat konsep diri siswa. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap konsep diri sebesar 16,7%. Hasil kategorisasi dukungan sosial menunjukkan siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat dukungan sosial rendah (44,8%). Hasil kategorisasi konsep diri menunjukkan siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat konsep diri rendah (55,2%). Kata kunci: dukungan sosial, konsep diri, KKO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:35
Last Modified: 30 Jan 2019 05:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27879

Actions (login required)

View Item View Item