Pengaruh Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Firm Size terhadap Price Earning Ratio Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Wardani, Riva (2015) Pengaruh Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Firm Size terhadap Price Earning Ratio Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RivaDyahKusumaWardani_11408144079.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, dan Firm Size terhadap Price Earnings Ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) tahun, yaitu mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 39 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Return on Equity tidak berpengaruh terhadap Price Earnings Ratio, dibuktikan dengan nilai koefisien 0,056 pada nilai signifikansi 0,673, sehingga hipotesis pertama ditolak. Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap Price Earnings Ratio, dibuktikan dengan nilai koefisien 0,079 pada nilai signifikansi 0,102, sehingga hipotesis kedua ditolak. Current Ratio tidak berpengaruh terhadap Price Earnings Ratio, dibuktikan dengan nilai koefisien 0,508 pada nilai signifikansi 0,186, sehingga hipotesis yang ketiga juga ditolak. Sementara itu, Firm Size berpengaruh positif terhadap Price Earnings Ratio, dibuktikan dengan nilai koefisien 2,018 pada nilai signifikansi 0,000, sehingga hipotesis keempat diterima. Secara simultan, Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, dan Firm Size berpengaruh terhadap Price Earnings Ratio, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 10,948 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,449, menunjukkan bahwa pengaruh Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, dan Firm Size terhadap Price Earnings Ratio sebesar 44,9% dan sisanya sebesar 55,1% dipengaruhi oleh variable lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Price Earnings Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Current Ratio, Firm Size
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27865

Actions (login required)

View Item View Item