PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2D MATERI PERUBAHAN KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA MASA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP/MTS KELAS VII

AMIN, AHMAD DARUN NASIKHIN (2015) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2D MATERI PERUBAHAN KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA MASA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP/MTS KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10416241009.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pengembangan produk film animasi 2D pada materi perubahan masyarakat Indonesia masa Islam sebagai sumber belajar IPS SMP/MTS Kelas VII; dan (2) mengetahui kelayakan film animasi 2D pada materi perubahan masyarakat Indonesia masa Islam sebagai sumber belajar IPS SMP/MTS Kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap pengembangan disederhanakan menjadi empat tahap, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) penilaianan Guru IPS; (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba kelompok kecil dengan subjek uji coba 5 siswa; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji coba kelompok besar dengan subjek uji coba 32 siswa; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Data yang dikumpulkan adalah data hasil validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi dan media serta lembar angket/kuesioner untuk subjek uji coba. Hasil pengembangan menunjukkan: (1) pengembangan film animasi 2D ini meliputi penentuan ide cerita dalam film animasi, script & storyboard yaitu penulisan sinopsis dan judul film, proses produksi dengan membuat tokoh karakter dan suara tokoh kemudian proses duplikasi yaitu memperbanyak master film dalam bentuk CD, kemudian menghasilkan produk film animasi 2D berjudul “Berpetualang ke Masjid Demak”; (2) Kelayakan film animasi 2D didasarkan pada hasil evaluasi produk melalui validasi ahli media, ahli materi, guru IPS dan ujicoba siswa. Berdasarkan hasil analisis kelayakan media, dapat dinyatakan bahwa skor dari ahli materi adalah 3,6 kategori baik, ahli media rerata skor 3,9 kategori baik, guru IPS rerata 3,8 kategori baik, ujicoba kelompok kecil rerata 3,8 kategori baik dan kelompok besar retata 4,1 kategori baik, semuanya berkisar pada rerata antara 3,6-4,7 dengan kategori baik dan layak. Dengan demikian film animasi 2D materi perubahan kehidupan masyarakat Indonesia masa Islam sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII yang telah dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Sumber Belajar, IPS, Film Animasi 2D

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 02 Nov 2015 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item