PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Khairunnisa, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 11416244028.swf - Published Version

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Kurikulum 2013 yang mengisyaratkan tentang perlunya pembelajaran yang dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul IPS berbasis saintifik dengan tema “Keragaman Sosial Budaya Indonesia” yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan uji keterbacaan siswa, dan (2) mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian yang dikembangkan. Penelitian pengembangan modul IPS ini menggunakan metode Research and Development (R & D) pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data dikumpulkan dengan instrumen lembar validasi dan lembar angket keterbacaan siswa. Validasi produk oleh validator yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan guru IPS. Uji keterbacaan modul dilaksanakan di SMP Negeri 8 Yogyakarta yang melibatkan 30 siswa kelas VII 7. Data dalam penelitian ini meliputi hasil validasi produk, keterbacaan modul, validitas instrumen, dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis validasi modul dan keterbacaan modul adalah konversi skor lima. Data validitas dan reliabilitas instrumen lembar angket keterbacaan siswa dianalisis dengan menggunakan model Rasch melalui aplikasi software Winsteps 3.73. Data reliabilitas instrumen lembar validasi dianalisis dengan menggunakan persamaan percentage of agreement dari Borich. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) modul IPS berbasis saintifik dengan tema “Keragaman Sosial Budaya Indonesia” secara keseluruhan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Hal ini dilihat berdasarkan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai 3,83 dengan kategori baik; ahli media diperoleh nilai 3,75 dengan kategori baik; dan guru IPS diperoleh nilai 3,88 dengan kategori baik. Hasil yang sama juga ditunjukkan pada uji keterbacaan siswa yang memperoleh nilai 4,075 dengan kategori baik; (2) pada penelitian ini lembar validasi diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,98 dengan kategori istimewa. Validitas lembar validasi diperoleh hasil dari 36 item terdapat 1 item yang harus direvisi. Lembar angket keterbacaan siswa diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,67 dengan kategori cukup. Validitas lembar angket keterbacaan siswa diperoleh hasil dari 25 item terdapat 4 item yang harus direvisi. Kata kunci: Pengembangan, Modul IPS, Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 02 Nov 2015 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27861

Actions (login required)

View Item View Item