PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE “APA? LANTAS APA? SEKARANG BAGAIMANA?” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Damayanti, Martania Ari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE “APA? LANTAS APA? SEKARANG BAGAIMANA?” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI_MARTANIA ARI D.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model belajar Active Learning tipe “Apa? Lantas Apa? Sekarang Bagaimana?” terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD N 1 Kotagede tahun ajaran 2014/2015. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model belajar active learning tipe “Apa? Lantas apa? Sekarang bagaimana?” dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Kotagede 1 tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 63 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan mean (menghitung rata-rata). Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang berarti dalam penggunaan model belajar Active Learning tipe ”Apa? Lantas Apa? Sekarang Bagaimana?” terhadap hasil belajar siswa kelas IV tentang sifat bangun ruang kubus dan balok. Hal tersebut, diperkuat dengan hasil perhitungan rata-rata post-test antara kelompok eksperimen dan kontrol, yang menunjukkan perbedaan yang berarti. Kelompok eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 81,5 dan kelompok kontrol sebesar 71,0. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang berarti dalam penggunaan model belajar Active Learning tipe ”Apa? Lantas Apa? Sekarang Bagaimana?” terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Kata kunci : model belajar Active Learning tipe “Apa? Lantas apa? Sekarang bagaimana?”, hasil belajar matematika, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item