IMPLEMENTASI PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) PADA GURU SMP DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN

Rini, Widyawati (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) PADA GURU SMP DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Rini Widyawati_11110241014 (IV-8-2015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program PKG dan kendalanya di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah staf Dinas Dikpora sebanyak 3 orang, Kepala UPT sebanyak 3 orang, dan guru- guru SMP di 3 sekolah sebanyak 14 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi PKG dipengaruhi oleh 4 variabel, yakni komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Komunikasi dari dinas dilakukan dengan mengundang Kepala Sekolah ke dinas untuk mengikuti sosialisasi PKG. Sumber daya dalam implementasi PKG terdiri dari sumber daya manusia yang berupa aktor-aktor yang terlibat dalam pelaksanaan PKG. Aktor utamanya adalah guru penilai (asesor). Namun berdasarkan hasil penelitian asesor masih menunjukkan sikap subyektif terhadap guru yang dinilainya. Sumber daya dana berupa dana APBD yang dikelola oleh setiap sekolah, dan sumber daya kewenangan dimana kewenangan dinas bersifat koordinatif dan sekolah bersifat implementatif. Struktur birokrasi dalam PKG tampak dengan adanya mekanisme pelaksanaan PKG yang harus dilalui oleh dinas dan sekolah. (3) Kendala PKG diantaranya asesor kurang obyektif, pihak sekolah belum melakukan pemetaan hasil PKG, dan dari pihak dinas belum melakukan evaluasi khusus pelaksanaan PKG.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item