ANALISIS FILOSOFI KURIKULUM DALAM KURUN WAKTU 1947-1964

Endah, Nur Iswati (2015) ANALISIS FILOSOFI KURIKULUM DALAM KURUN WAKTU 1947-1964. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Endah Nur Iswati_11110241028 (IV_8-2015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Pergantian kurikulum yang terjadi merupakan sebuah fenomena umum dalam memenuhi tuntutan zaman. Tidak terkecuali pada saat Indonesia baru saja meraih kemerdekaan. Perubahan yang terjadi pada dasar dan tujuan pendidikan, sistem pendidikan serta kurikulum berpengaruh besar pada pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pendidikan, nilai Pancasila serta aliran filsafat yang ada pada kurikulum dalam kurun waktu 1947-1964. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau literatur. Pendekatan dalam mengkaji pembahasan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Langkah dalam studi kepustakaan ini yaitu menyiapkan perlengkapan yang digunakan, menyiapkan bibliografi kerja yang digunakan dalam pencarian sumber data atau heuristik, mengorganisasikan waktu dalam melaksanakan kritik yang berupa kritik eksternal dan kritik internal, membaca atau interpretasi data penelitian, dan histografi atau penulisan hasil penelitian. Sumber data yang diperoleh berupa literatur, perundang-undangan dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dasar dan tujuan pendidikan di Indonesia dalam kurun waktu 1947-1964 berlandaskan Pancasila. Sistem persekolahan yang berlaku yakni pendidikan rendah, pendidikan guru, umum, kejuruan, dan pendidikan tinggi. (2) Aliran filsafat Perennialisme, Esensialisme, Progresivisme dan Rekonstruksionisme serta Asas-Tawakal dan Kemerdekaan sebagai Asas Pendidikan memiliki pengaruh terhadap kurikulum dalam kurun waktu 1947-1964. (3) Nilai-nilai Pancasila yang ingin diwujudkan melalui kurikulum dalam kurun waktu 1947-1964 ini adalah nilai agama, humanis, kewarganegaraan, demokrasi, dan keadilan, meski menjadi manusia berdasarkan citra Pancasila masih belum tercapai sepenuhnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 02:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27848

Actions (login required)

View Item View Item