Aninditya, Yanuar Saputra (2015) PENYUSUNAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) SEBAGAI PERUMUSAN KEBIJAKAN SEKOLAH DI SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
Text
Aninditya Yanuar Saputra_09110244004 (IV-8-2015).pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai dasar perumusan kebijakan sekolah di SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi dokumen, wawancara, dan observasi. Analisis data meliputi 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data, 4) Verifikasi dan penarikan kesimpulan, pengambilan kesimpulan. Pelaksanaan pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa dalam penyusunan EDS di SD Masjid Syuhada Yogyakarta sudah dilakukan dengan baik dan berpedoman dengan 8 Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan EDS di SD Masjid Syuhada Yogyakarta dimulai dari pemahaman TPS yang ada di SD Masjid Syuhada tentang EDS semuanya dikatakan sudah memahami EDS secara spesifik sehingga untuk kelanjutan dalam penyusunannya diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar karena dasarnya mereka sudah paham. Keterlibatan aktor TPS dalam penyusunan Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ) di SD Masjid Syuhada sudah terlibat aktif dan memahami tugasnya masing - masing, dan kesiapan para aktor yang terlibat semuanya sudah merasa siap dalam menyusun EDS. Dalam pengisian instrumen EDS semua anggota TPS mengetahui dan paham dalam pengisiannya dari data sekolah dan bukti fisik yang ada di sekolah dan komunikasi yang terjalin cukup baik sehingga semua TPS dapat mengetahui dari setiap indikator pencapaian dan menilai kinerja sekolah guna penyusunan RKS di sekolah dalam memperbaiki kualitas sekolahnya. Hasil penyusunan EDS di SD Masjid Syuhada menunjukkan dari 8 Standar yang ada semuanya sudah memenuhi syarat atau sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Koordinasi yang terjadi di SD Masjid Syuhada Yogyakarta dalam menyusun kebijakan sekolah sudah dilakukan dengan baik, kepala sekolah berkoordinasi dengan guru dan komite sekolah dalam merencanakan suatu kebijakan sekolah. Dan untuk pelaksaanaan program di SD Masjid Syuhada sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 02:01 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27846 |
Actions (login required)
View Item |