STUDI KASUS ASPIRASI ORANGTUA TENTANG MUTU PENDIDIKAN BAGI ANAKNYA DI SDN I JATINOM, SDN II BONYOKAN, DAN SDIT AN-NAJAH JATINOM KLATEN

Afifah, Yosi Putri (2015) STUDI KASUS ASPIRASI ORANGTUA TENTANG MUTU PENDIDIKAN BAGI ANAKNYA DI SDN I JATINOM, SDN II BONYOKAN, DAN SDIT AN-NAJAH JATINOM KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Afifah Yosi Putri_11110244019 (IV-8-2015).pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: aspirasi orangtua tentang mutu pendidikan bagi anaknya di SDN I Jatinom, SDN II Bonyokan dan SDIT An-Najah Jatinom Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga kepala sekolah, 3 guru, 15 orangtua murid di SDN I Jatinom, SDN II Bonyokan, SDIT An-Najah dan juga pengawas SD UPTD Kecamatan Jatinom. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data kualitatif menggunakan data interaktif dari Miles dan Huberman melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Aspirasi orangtua tentang mutu pendidikan bagi anaknya di SDN I Jatinom, orangtua dan warga sekolah memiliki aspirasi (yang positif mereka beraspirasi) bahwa sekolah yang bermutu merupakan sekolah yang baik dalam segala hal serta berprestasi, program peningkatan mutu dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti les tambahan serta pelatihan, SDN I Jatinom berdasarkan standar nasional (belum sesuai) pada standar sarana prasarana. (2) Aspirasi orangtua tentang mutu pendidikan bagi anaknya di SDN II Bonyokan, orangtua dan warga sekolah beraspirasi bahwa sekolah bermutu merupakan sekolah yang dapat mencapai tujuan serta sekolah yang memiliki keadilan dalam pembelajaran, program peningkatan mutu dilaksanakan untuk warga sekolah seperti penambahan jam belajar, pelatihan guru serta peningkatan kedisiplinan, SDN II Bonyokan belum sesuai standar pendidik dan tenaga pendidik serta pada sarana prasarana. (3) Aspirasi orangtua tentang mutu pendidikan bagi anaknya di SDIT An-Najah, orangtua dan warga sekolah beraspirasi bahwa sekolah bermutu dapat menjawab tuntutan zaman, memiliki keseimbangan baik agama maupun umum serta dapat menjadi bekal hidup, program peningkatan mutu dilaksanakan untuk siswa seperti les privat dan untuk guru seperti magang atau study banding, SDIT An-Najah (belum sesuai standar) pada standar sarana prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Nov 2015 01:59
Last Modified: 02 Nov 2015 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27844

Actions (login required)

View Item View Item