Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Hidayat, Puput Wahyu (2015) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pupt-wahyu-hidayat-13709251013.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) kategori dari level aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa; 2) peningkatan minat belajar siswa yang diberikan pendekatan CTL dengan soal open ended maupun pendekatan CTL; dan 3) pembelajaran yang lebih baik antara pendekatan CTL menggunakan soal open ended dengan pendekatan CTL tanpa menggunakan soal open ended ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Miri Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Miri yang terdiri atas 8 kelas. Kelas VIII E dan VIII F dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIII E diberikan perlakuan dengan pendekatan CTL menggunakan soal open ended sedangkan kelas VIII F diberikan perlakuan dengan pendekatan CTL. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan angket minat belajar siswa. Untuk menganalisis kategori dari level aspek kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar digunakan tabel kriteria dari Widoyoko (2009), untuk menganalisis peningkatan minat belajar siswa, data dianalisis menggunakan paired t-test. Selanjutnya, untuk membandingkan pembelajaran yang lebih baik antara pendekatan CTL menggunakan soal open ended dengan pendekatan CTL, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan independent t-test untuk menentukan pendekatan yang lebih baik pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kategori dari level kemampuan berpikir kreatif pada kelas CTL menggunakan soal open ended berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas CTL berada pada kategori sedang; untuk kategori dari level minat belajar, baik dengan pendekatan CTL menggunakan soal open ended maupun dengan pendekatan CTL, siswa berada pada kategori tinggi; kategori dari level aspek kemampuan berpikir kreatif, untuk kedua kelas memiliki presentase tertinggi pada aspek kelancaran; 2) dengan pendekatan CTL dengan soal open ended dan pendekatan CTL, minat belajar siswa meningkat secara signifikan; dan 3) pendekatan CTL dengan soal open ended lebih baik daripada pendekatan CTL ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kreatif siswa, dan pendekatan CTL dengan soal open ended tidak lebih baik daripada pendekatan CTL ditinjau dari minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, soal open ended, kemampuan berpikir kreatif matematis, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:33
Last Modified: 09 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27840

Actions (login required)

View Item View Item