Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Pendekatan Discovery Setting Think Pair Share (TPS) pada Materi Program Linier Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa, Kemampuan BerpikirKritis, dan Kepercayaan Diri Siswa SMK

Apriza, Berta (2015) Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Pendekatan Discovery Setting Think Pair Share (TPS) pada Materi Program Linier Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa, Kemampuan BerpikirKritis, dan Kepercayaan Diri Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-berta-apriza-13709251023.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pen¬dekatan pembelajaran problem based learning dan pendekatan discovery setting TPS dan mendeskripsikan perbedaan keefektifan antara pendekatan pem¬bel¬ajaran problem based learning dengan pendekatan discovery setting TPS ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diris iswa SMK Negeri 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian mencakup se¬luruh siswa kelas X SMK N 1 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas yakni X TKR 1, X TKR 2, X TKR3,X TKA, X THPH 1, dan X TPHP 2. Dari pengundian diperoleh kelas X TKR-1 dan X TKR-2sebagai sampel. Kelas X TKR-2 diberikan perlakuan menggunakan pendekatan pembel-ajaran problem based learning setting TPS, sedangkan kelas X TKR-1 diberikan perlakuan menggunakan pendekatan discovery setting TPS. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes prestasi belajar (r =0,627), tes kemampuan berpikir kritis (r =0,638), dan angket kepercayaan diri sis¬wa (r = 0,806). Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran problem based learning setting TPS dan pendekatan discovery setting TPS pada setiap masing-masing variabel, digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk perbedaan keefektifan antara pendekatan pembelajaran problem based learning setting TPS dan pendekatan discovery setting TPS, data dianalisis secara multivariate menggunakan uji T^2 Hotteling's. Jika terdapat perbedaan keefektifan, langkah selanjutnya yaitu melakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel-variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara kese¬luruhan. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa: 1) pen¬dekatan pembelajaran problem based learning setting TPS efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa; 2) pendekatan discovery setting TPS efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari kepercayaan dirisiswa terhadap matematika; 3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan pembelajaran problem based learning setting TPS dan pen¬dekatan discovery setting TPS ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatanpembelajaranproblem based learning settingtps, pendekatan discovery settingtps, prestasibelajar, kemampuanberpikirkritis, kepercayaandirisiswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2015 01:33
Last Modified: 09 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

View Item View Item