PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS III DI SEKOLAH DASAR INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA

Astika, Luna Marina (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS III DI SEKOLAH DASAR INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ASTIKA LUNA MARINA_10103241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas III di SD Inklusi II Yogyakarta yang mencakup kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan kegiatan evaluasi. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan lima siswa tunagrahita kategori ringan kelas III. Lokasi penelitian adalah di SD Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat empat kegiatan pokok yang dilakukan guru, yaitu: (1) kegiatan pembuka pembelajaran; mencakup pemberian apersepsi pada siswa, mengecek kemampuan awal siswa, dan menjelaskan tujuan pembelajaran, (2) kegiatan inti pembelajaran; metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi kelompok, dan demonstrasi; media yang digunakan adalah media cetak; prinsip pembelajaran yang digunakan adalah prinsip kasih sayang dan motivasi; strategi pembelajaran yang digunakan adalah perpanjangan waktu bagi siswa; pengelolaan pembelajaran kelompok yang kooperatif; tugas diberikan secara lisan dan tertulis tetapi belum memperhatikan perbedaan individual siswa; melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran dengan cara memberikan pertanyaan; belum berkolaborasi dengan guru pendamping khusus secara intensif; serta belum menggunakan waktu, bahan, dan perlengkapan pegajaran secara efektif dan efisien; (3) kegiatan penutup pembelajaran; mencakup pemberian penguatan pada siswa dengan melakukan tanya jawab mengenai materi yang sudah dipelajari; (4) kegiatan evalusai dilakukan dengan cara tes lisan dan tertulis namun belum ada kegiatan remedial dan/atau pengayaan; penilaian dilakukan terhadap hasil belajar siswa pada satu hari; tetapi belum melakukan tindak lanjut hasil penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27811

Actions (login required)

View Item View Item