IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK JALANAN (PKS-ANJAL) SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK DASAR PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN YOGYAKARTA

S. Nur Zaenatun Aisah, Nur (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK JALANAN (PKS-ANJAL) SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK DASAR PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Silviantika Nur Zaenatun Aisah_1110224145.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi (PKS-Anjal) Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Dasar Pendidikan Anak Jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro. (2) Hasil yang ingin dicapai dari peran Rumah Singgah melalui PKSA. (3) Bentuk-bentuk pelayanan LPKSA melalui pemanfatan dana PKSA. (4) faktor penghambat Implementasi PKSA. (5) Faktor pendukung Implementasi PKSA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu pengelola, pendamping, anak binaan, dan orangtua anak di RSBD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber/ narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) implementasi Program kesejahteraan sosial anak jalanan dilaksanakan dengan pemberian pelayanan-pelayanan untuk pemenuhan hak dasar pendidikan meliputi transportasi anak, pembelian perlengkapan sekolah serta pemenuhan nutrisi dan gizi anak, (2) implementasi PKSA memiliki tujuan antara lain anak jalanan memperoleh pendidikan baik formal maupun non formal, mengikuti program pelatihan, program pendampingan belajar serta anak tidak beraktifitas dijalanan, (3) bentuk pelayanan melalui dana PKSA dilaksanakan dengan program Layanan Pemantapan Belajar (Remedial Course) dan Layanan Perantaraan dan Penghantaran Pre Remedial Course (Bridging Course), (4) implementasi Program kesejahteraan sosial anak memiliki faktor penghambat antara lain masih kurangnya Sumber Daya Manusia di Rumah Singgah Diponegoro, (5) implementasi program kesejahteraan sosial anak memiliki faktor pendukung antara lain adanya dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak yaitu dari Kemensos RI, lembaga-lembaga terkait, orang tua anak penerima dana PKSA serta partisipasi anak jalanan penerima dana PKSA. Kata kunci: Program Kesejahteraan Sosial Anak, Pendidikan, Anak Jalanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item View Item