PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL PEKERJA BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA

Ani Irmawati, Ani (2015) PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL PEKERJA BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_Ani Irmawati_1110224011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan program pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta, 2) hasil program pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat program pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola YASANTI, tutor dan relawan, serta warga belajar yang merupakan buruh gendong yang ada di Pasar Giwangan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini trianggulasi sumber data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan dosen sebagai praktisi pendidikan. Pertimbangannya bahwa untuk memperoleh satu informasi dari satu responden perlu diadakan crosscek antara informasi satu dengan informasi yang lain sehingga akan diperoleh informasi yang benar-benar valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan perlu diketahui tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap pertama, persiapan yang meliputi: a) identifikasi kebutuhan, b) penentuan tujuan, c) penentuan warga belajar, d) penentuan tutor, e) penentuan materi pembelajaran KF, f) penentuan media pembelajaran KF, g) perencanaan evaluasi. Tahap kedua, tahap pelaksanaan meliputi: a) pendahuluan; b) kegiatan inti; dan c) penutup. Tahap ketiga, tahap penilaian yang meliputi: a) penilaian sebelum pembelajaran; b) penilaian selama pembelajaran; c) penilaian akhir pembelajaran. 2) Hasil program pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan yaitu warga belajar yang dulunya belum pernah mengenyam pendidikan, setelah mengikuti pembelajaran tersebut mereka dapat membaca dan menulis serta dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. 3) Faktor pendukung program pembelajaran keaksaraan fungsional pekerja buruh gendong di Pasar Giwangan antara lain, semangat dan motivasi diri warga belajar, sarana dan prasarana yang memadai, faktor dari orang-orang terdekat warga belajar, adanya tutor dan relawan yang mau mengajar, adanya lembaga yang menaungi program keaksaraan fungsional di Pasar Giwangan. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat yaitu, dana yang minim, kurikulum yang belum sesuai dengan standar program keakasaraan fungsional pada umumnya, faktor usia yang sudah tidak muda lagi, kurangnya tenaga/ jumlah tutor, cuaca yang tidak mendukung, terbenturnya waktu belajar dengan waktu bekerja buruh gendong, adanya kegiatan lain yang mendadak. Kata kunci : pendidikan keaksaraan fungsional, buta aksara, buruh gendong

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item View Item