PENGARUH PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, DAN INFORMASI TERHADAP INTENSI MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA KALANGAN SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DI SLEMAN

Fatmawati, Desy (2015) PENGARUH PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, DAN INFORMASI TERHADAP INTENSI MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA KALANGAN SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DESY FATMAWATI_11404241040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pendapatan terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa pondok pesantren Wahid Hasyim Sleman, 2) pengaruh religiusitas terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa pondok pesantren Wahid Hasyim Sleman, 3) pengaruh informasi terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa pondok pesantren Wahid Hasyim Sleman, 4) pengaruh pendapatan, religiusitas, dan informasi secara bersama-sama terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa pondok pesantren Wahid Hasyim Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pendapatan/ uang saku (X_1), religiusitas (X_2), informasi (X_3), dan intensi menabung di bank syariah (Y). Adapun subjek penelitian ini adalah santri mahasiswa di Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Sampel penelitian ini berjumlah 250 santri yang diambil dengan menggunakan metode stratified disproportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah probit regression, yaitu mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang bersifat dikotomi/ binary. Hasil probit regression menunjukkan bahwa variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Sedangkan variabel religiusitas dan informasi masing-masing berpengaruh terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Jika dilihat secara simultan, ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap intensi menabung di bank syariah pada kalangan santri mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Kemudian nilai correctly classification yang didapatkan sebesar 67,20%. Hal ini berarti secara umum model dapat menjelaskan seluruh kejadian sebesar 67,20%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item