Peningkatan Soft Skills dan Pemahaman Konsep IPS menggunakan Media Mindscape dan Metode Cooperative Learning pada Siswa kelas V SD Muhammadiyah Jogodayoh Bantul

Dewi, Kirana prama (2015) Peningkatan Soft Skills dan Pemahaman Konsep IPS menggunakan Media Mindscape dan Metode Cooperative Learning pada Siswa kelas V SD Muhammadiyah Jogodayoh Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kirana-prama-dewi-09712251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan soft skils dan pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah Jogodayoh, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 menggunakan media mindscape dan cooperative learning dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Bachman yang pada tiap siklusnya terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah Jogodayoh, Bambanglipuro, Bantul tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penggunaan media mindscape dan cooperative learning dalam empat segmen. Kolaborator dalam penelitian adalah guru kelas VB sebagai pelaksana tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi dan butir soal. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skills dan pemahaman konsep IPS siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan media mindscape dan metode cooperative learning dalam empat segmen. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor soft skills dan pemahaman konsep IPS siswa. Rata-rata skor soft skills siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 1.14 dengan kriteria sangat rendah. Pada sikus I meningkat menjadi 2.06 dengan kriteria sedang dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3.50 dengan kriteria sangat tinggi. Peningkatan pemahaman konsep IPS siswa bisa dilihat dari data hasil observasi dan hasil belajar. Dari hasil observasi diperoleh bahwa rata-rata skor pemahaman konsep IPS siswa dari pembimbingan penyusunan mindscape pada siklus I 1.8 dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 2.6 dengan kriteria baik. Dari hasil belajar diperoleh rata-rata skor hasil belajar siswa 63 pada pra tindakan dan meningkat menjadi 72 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 82 pada siklus II. Skor ketuntasan yang digunakan adalah 75 dan terdapat 86% siswa telah belajar tuntas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: soft skills, pemahaman konsep, Ilmu Pengetahuan Sosial, media Mindscape, cooperative learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:21
Last Modified: 09 May 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item