PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Baeti, Nur (2015) PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Nur Baeti_11404244032.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP terhadap kinerja guru. (2) Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru. (3) Pengaruh kesejahteraan guru terhadap keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP. (4) Pengaruh sertifikasi terhadap struktur pengaruh kesejahteraan guru dan keterlibatan guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Sleman yang berjumlah 524 guru dengan jumlah sampel 207 guru yang diambil dengan teknik disproportional purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur 0,281 dan critical ratio 4,234 (p<0,05). (2) Kesejahteraaan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur 0,395 dan critical ratio 5,948 (p<0,05). (3) Kesejahteraaan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur 0,535 dan critical ratio 9,084 (p<0,05). (4) Sertifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur pengaruh keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur guru bersertifikat 0,294 dan critical ratio 3,901 (p<0,05), sedangkan untuk guru belum bersertifikat diperoleh nilai koefisien jalur 0,299 dan critical ratio 1,277 (p>0,05). (5) Sertifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur pengaruh kesejahteraaan guru terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur guru bersertifikat 0,362 dan critical ratio 4,812 (p<0,05), sedangkan untuk guru belum bersertifikat diperoleh nilai koefisien jalur 0,169 dan critical ratio 0,723 (p>0,05). (6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan sertifikasi terhadap struktur pengaruh kesejahteraaan guru terhadap keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP. Hal ini ditunjukkan dengan nilai squared multiple correlations pada guru belum bersertifikat lebih besar yaitu 48,9% sedangkan pada guru bersertifikat 33,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item