KINERJA GURU EKONOMI SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Bayu P, Devit (2015) KINERJA GURU EKONOMI SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full_Devit Bayu P_10404244040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Ekonomi berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif didukung pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Sleman yang melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 7 sekolah. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 120 orang siswa, 3 kepala sekolah, dan 3 guru ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan analisis tabulasi silang Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar siswa ( 54,2%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi pedagogik dalam kategori cukup baik, Sebagian kecil siswa (3,3%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi pedagogik sangat baik. 2) sebagian besar siswa (54,2%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi kepribadian dalam kategori baik sedangkan sebagian kecil siswa (8,3%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi kepribadian dalam kategori cukup baik. 3) sebagian besar siswa (58%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi sosial dalam kategori baik, sedangkan sebagian kecil siswa (5,8%) menilai kinerja guru dari aspek komepetensi sosial dalam kategori kurang baik. 4) sebagian besar siswa (58,3%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi profesional dalam kategori cukup baik, sedangkan sebagian kecil siswa (5,8%) menilai kinerja guru dari aspek kompetensi profesional dalam kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:20
Last Modified: 30 Jan 2019 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item