NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KESENIAN TRADISIONAL SRUNTHUL DI BONOREJO, JIWAN, KARANGNONGKO, KABUPATEN KLATEN

Nurmini, Yulia Siti (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KESENIAN TRADISIONAL SRUNTHUL DI BONOREJO, JIWAN, KARANGNONGKO, KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yulia Siti Nurmini 07209247009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Kesenian tradisional Srunthul di Bonorejo, Jiwan, karangnongko, Klaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu mengandalkan manusia (peneliti atau dengan bantuan orang lain) sebagai alat pengumpul data utama yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau data lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dengan beberapa narasumber. Tehnik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif, yaitu memberikan pemaknaan terhadap data-data atau informasi yang berkaitan dengan Kesenian Tradisional Srunthul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kesenian tradisional Srunthul adalah: nilai pendidikan ketakwaan terhadap Tuhan yang Mahaesa, nilai pendidikan kesetiaan dan kesabaran, nilai pendidikan budi pekerti, nilai pendidikan tata krama, dan nilai pendidikan kepribadian, nilai pendidikan kepahlawanan/ patriotisme, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan kedisiplinan, nilai pendidikan rasa tanggung jawab, nilai pendidikan saling menghormati dan nilai pendidikan kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kesenian, Tradisonal, Srunthul
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 28 Oct 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27698

Actions (login required)

View Item View Item