Rosalia, Tri Purwokowati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Tri Purwokowati Rosalia 07209247010.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran praktik tari dengan Penerapan Model Pembelajaran Generatif, sehingga pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Dukun meningkat kreativitasnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret 2010 sampai dengan April 2011 dalam dua siklus. Siklus I bertujuan untuk mengenal potensi diri dan siklus II untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas. Masing- masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3) monitoring, (4) Evaluasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran generatif meliputi beberapa tahap, yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan, penerapan konsep. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Pendahuluan, pada tahap eksplorasi ini dilakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu melakukan eksplorasi terhadap pengetahuan, ide atau konsepsi awal yang pernah dilihatnya; (b) Tahap pemfokusan, petunjuk langkah-langkah kerja, tugas-tugas memberikan kemungkinan peserta didik beraktivitas sesuai caranya sendiri; (c) Tahap Tantangan, peserta didik berlatih berani menampilkan ide-ide gerak yang telah disusun menjadi motif gerak dan bahkan ragam gerak; (d) Tahap Penerapan Konsep, peserta didik diajak untuk dapat memecahkan masalah dengan konsep barunya, menghasilkan ketrampilan yang kreatif untuk mengkonstruksi sebuah karya tari sederhana secara mandiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Generatif, kreativitas siswa, pembelajaran praktik |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Tari |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Tari FBS |
Date Deposited: | 28 Oct 2015 07:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27697 |
Actions (login required)
View Item |