PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Rosalia, Tri Purwokowati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK TARI DI SMP NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Purwokowati Rosalia 07209247010.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran praktik tari dengan Penerapan Model Pembelajaran Generatif, sehingga pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Dukun meningkat kreativitasnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Maret 2010 sampai dengan April 2011 dalam dua siklus. Siklus I bertujuan untuk mengenal potensi diri dan siklus II untuk memperbaiki dan meningkatkan kreativitas. Masing- masing siklus terdiri atas empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Implementasi, (3) monitoring, (4) Evaluasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran generatif meliputi beberapa tahap, yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan, penerapan konsep. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Pendahuluan, pada tahap eksplorasi ini dilakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendorong peserta didik agar mampu melakukan eksplorasi terhadap pengetahuan, ide atau konsepsi awal yang pernah dilihatnya; (b) Tahap pemfokusan, petunjuk langkah-langkah kerja, tugas-tugas memberikan kemungkinan peserta didik beraktivitas sesuai caranya sendiri; (c) Tahap Tantangan, peserta didik berlatih berani menampilkan ide-ide gerak yang telah disusun menjadi motif gerak dan bahkan ragam gerak; (d) Tahap Penerapan Konsep, peserta didik diajak untuk dapat memecahkan masalah dengan konsep barunya, menghasilkan ketrampilan yang kreatif untuk mengkonstruksi sebuah karya tari sederhana secara mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Generatif, kreativitas siswa, pembelajaran praktik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 28 Oct 2015 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item