Nilai-Nilai Etik dan Moral dalam Tari Gending Sriwijaya Kaitannya dengan Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Kota Palembang

Ningsih, Surtia (2013) Nilai-Nilai Etik dan Moral dalam Tari Gending Sriwijaya Kaitannya dengan Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Kota Palembang. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Surtia Ningsih 09209241032.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan dan memaknai struktur estetika Tari Gending Sriwijaya yang diakui sebagai tari adat Sumatera Selatan, (2) Mendeskripsikan nilai-nilai moral dan etik yang terdapat dalam Tari Gending Sriwijaya, (3) Memahami dan memaknai nilai-nilai moral dan etik yang terdapat dalam Tari Gending Sriwijaya kaitannya dengan pendidikan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dilakukan selama dua bulan. Subjek penelitian ini meliputi penari, guru, dan pemusik. Objek Penelitian ini yaitu Tari Gending Sriwijaya. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan teknik analisis reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Gending Sriwijaya digunakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan yang secara formil datang dan berkunjung ke Palembang. Ditinjau dari materi gerak Tari Gending Sriwijaya, tari ini menggambarkan kebesaran dan kemashuran Kerajaan Sriwijaya yang ragam geraknya dikombinasikan dengan unsur-unsur gerak Buddhisme dan gerak tapa Budha yang berada di relief Candi Borobudur, serta ditambah unsur-unsur adat istiadat di wilayah Batanghari Sembilan. Tari Gending Sriwijaya, bukan hanya sebagai proses kreatif, tetapi di dalamnya terdapat penebaran benih nilai-nilai etik dan moral kaitannya dengan pendidikan budi pekerti sebagai pembelajaran, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama, yang berpotensi mendekatkan dan mengarahkan ke arah yang lebih positif terhadap lingkungan kehidupannya. Di dalam Tari Gending Sriwijaya terdapat representasi nilai-nilai etik dan moral kaitannya dengan pendidikan budi pekerti, ada sebelas butir yaitu: toleransi, rendah hati, tawakal, kepedulian, kerukunan, sabar, tanggung jawab, keikhlasan, mandiri dan percaya diri, kesetiaan /loyalitas, dan kerja sama. Tari Gending Sriwijaya memiliki kemungkinan sebagai alternatif materi dalam pendidikan budi pekerti di Sekolah Menengah Pertama, sebagai pembentukan pribadi dan pembumian nilai-nilai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai etik dan moral, Tari Gending Sriwijaya, Pendidikan Budi Pekerti
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 28 Oct 2015 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item