PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SMP NEGERI 1 CILACAP MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW

Puspaningrum, Sri (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA SMP NEGERI 1 CILACAP MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Puspaningrum 09209241004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari siswa, rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan oleh suasana pembelajaran yang masih bersifat teacher-centered. Melalui penerapan metode pembelajaran jigsaw diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran seni tari yang berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Cilacap. Setting penelitian adalah di SMP Negeri 1 Cilacap yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 15 Cilacap Jawa Tengah. Penelitian berlangsung dari bulan Februari 2013 smpai dengan Maret 2013. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, tes serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian, angket kuesioner, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas positif siswa dalam pembelajaran selama dua siklus mengalami peningkatan. Sebaliknya aktivitas negatif siswa dalam pembelajaran mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran mengalami kenaikan yang signifikan. Persentase siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 75 atau tuntas sebelum tindakan sebesar 35,71% sebanyak 10 siswa. Setelah metode pembelajaran jigsaw dilaksanakan dalam proses pembelajaran seni tari siswa SMP Negeri 1 Cilacap, pada akhir siklus I persentase siswa yang tuntas menjadi 60,71% yaitu sejumlah 17 siswa dan yang belum tuntas sejumlah 11 siswa atau sebesar 39,29%. Selanjutnya, pada akhir siklus II persentase siswa yang tuntas dalam belajar seni tari menjadi 85,71% yaitu sejumlah 24 siswa dan yang belum tuntas sejumlah 4 siswa atau sebesar 14,29%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai dengan meningkatnya persentase siswa yang tuntas setelah melaksanakan proses pembelajaran mulai dari siklus I sampai dengan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Jigsaw dan hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 28 Oct 2015 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 04:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27694

Actions (login required)

View Item View Item